Langsung ke konten utama

QRIS CROSS-BORDER FROM INDONESIA, MELINTASI NEGARA TETANGGA DALAM SATU GENGGAMAN SAJA

 

dok. SWA

QRIS CROSS-BORDER FROM INDONESIA, MELINTASI NEGARA TETANGGA DALAM SATU GENGGAMAN SAJA

Oleh: Akbar Tanjung, SM. Participant of BI Digital Content Competition 2023

Dulu dan sekarang memang beda! Dunia tidak lagi sejauh yang kita kira, kini semua dalam genggaman saja. Pernah merasakan bagaimana repotnya melakukan pembayaran jika bepergian ke luar negeri? Bagaimana cemasnya jika ternyata uang cash mata uang negera tujuan yang kita punya sudah menipis? Sekarang jangan khawatir, perlahan kegelisahan itu terjawab dengan terobosan dari Bank Indonesia. QRIS Cross-Border jawabannya!

Mengenal Lebih Dekat QRIS Cross-Border

QRIS Cross-Border merupakan inovasi dalam metode pembayaran yang efisien dan efektif. QRIS Cross-Border memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan hanya dalam hitungan detik. Fitur ini adalah bagian dari pengembangan QRIS yang diluncurkan pada tahun 2022. Sebelumnya, QRIS hanya bisa digunakan di dalam negeri sejak diimplementasikan secara nasional pada Januari 2020.

Keberadaan QRIS Cross-Border bertujuan untuk menciptakan ekosistem transaksi pembayaran digital lintas negara yang mudah, cepat, tepat dan inklusif. Pada dasarnya, QRIS memiliki prinsip cepat dalam transaksi, murah biaya, mudah dan aman dalam penggunaan serta handal dapat digunakan di mana dan kapan saja. Prinsip QRIS ini biasa dikenal dengan singkatan CeMuMuAH.

Penggunaan QRIS Cross-Border tidak hanya terbatas pada pembayaran dalam negeri saja, melainkan lintas negara juga bisa menggunakannya. Saat ini pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia telah melakukan kerja sama dengan berbagai negara ASEAN dalam akselerasi pembayaran digital dengan metode QRIS.

Ada banyak alasan kenapa memilih QRIS dalam transaksi pembayaran. Pertama, metode QRIS sudah terstandarisasi. Kedua, layanan QRIS didukung dari berbagai lembaga bank dan nonbank seperti BRI, BNI, Mandiri, BCA, BSI, OVO, Gopay, Dana, LinkAja, dll. Ketiga, sudah terintegrasi di mobile banking dan mobile payment. Keempat, limit transaksi cukup tinggi hingga 20 juta per transaksi. Kelima, QRIS sudah terhubung dengan tabungan, kartu kredit, kartu debet dan uang elektronik.

Peminat dan pengguna QRIS semakin meningkat melalui berbagai keunggulannya. Hingga Februari 2023, pengguna QRIS mencapai 30 juta yang digunakan lebih dari 25 juta merchant, yang mana 91% merchant tersebut berasal dari kalangan UMKM (bi.go.id). Data yang dilansir dari website bank Indonesia, jumlah transaksi QRIS sepanjang tahun 2022 mencapai 1,03 miliar transaksi.

Data di atas menunjukkan bahwa QRIS memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya dan kemajuan ekonomi Indonesia umumnya. Masyarakat tidak perlu lagi meragukan QRIS, karena QRIS aman dan nyaman digunakan. QRIS tidak hanya memberikan manfaat bagi merchant tapi juga user/pengguna.

Manfaat bagi merchant diantaranya, meningkatkan penjualan, sebagai bentuk branding atas penjualan, hemat dalam pengelolaan uang tunai, mengurangi tindak kejahatan seperti pembayaran uang palsu, monitoring terhadap transaksi keuangan melalui riwayat transaksi serta kemudahan dalam mengajukan kredit karena kredibilitas usaha yang jelas.

Sementara manfaat yang akan dirasakan oleh user/pengguna QRIS, diantaranya tidak perlu lagi membawa uang cash, pengeluaran terkontrol dan tercatat, praktis serta kekinian.

Dari Lingkungan Kerja Hingga Ke Mancanegara

QRIS Indonesia nyata telah membawa manfaat bagi pengguna. Mendorong rantai pembayaran dari hulu ke hilir, dari masyarakat kelas bawah hingga kelas atas, dari desa hingga kota, dari urusan pribadi hingga pekerjaan, dari dalam negeri hingga luar negeri semua dapat diakses dalam genggaman.

Pengalaman menggunakan QRIS telah memudahkan kebutuhan. Dari pengalaman di lingkungan kerja, ada banyak manfaat layanan QRIS yang saya rasakan.

Pertama, sebagai seorang ASN yang rutin melakukan perjalanan dinas dari dalam daerah hingga luar provinsi memberikan kemudahan kepada saya melakukan reservasi hotel dan tiket transportasi melalui QRIS. Hanya scan barcode, semua terbayar tanpa harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Kedua, setiap bulan nya kantor membayar pajak daerah atas pembelian makan minum melalui QRIS. Tidak repot lagi harus mengantri di bank/pos untuk bayar pajak daerah.

Ketiga, instansi tempat saya bekerja juga seringkali melakukan pemesanan makan dan minum rapat di catering dengan pembayaran menggunakan QRIS.

Keempat, sebagian pengadaan barang dan jasa kantor seperti laptop/komputer di pesan di luar provinsi bahkan ada yang luar negeri. Cukup dengan QRIS, transaksi jadi mudah tanpa harus datang langsung atau transfer dengan biaya admin.

Tidak terbatas di lingkungan kerja saja, di mancanegara pun QRIS sudah tidak asing lagi, khususnya di negara ASEAN. Dalam upaya akselerasi penerapan QRIS Cross-Border, pemerintah Indonesia telah melakukan MoU dengan berbagai negara di ASEAN, diantaranya Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Fhilipina. Inti dari MoU tersebut yaitu membangun konektivitas sistem pembayaran yang kuat dalam rangka memperluas perdagangan, pariwisata hingga investasi. Melalui kerja sama ini juga, diharapkan ekonomi di pasar ASEAN semakin maju.

Thailand dan Malaysia merupakan negara tetangga yang sudah menerapkan QRIS melalui kerjasama dengan bank sentral setempat. Seperti di Thailand kita dapat melakukan pembayaran diberbagai merchant dengan scan QR melalui BCA, BSI, Bank Permata dan DANA. Untuk bepergian ataupun berlibur ke Thailand tidak repot lagi untuk ke money changer menukar uang, karena sudah ada QRIS Cross-Border. Reservasi hotel, makan hingga berbelanja di Thailand tidak perlu khawatir kehabisan uang tunai karena sudah ada QRIS dalam genggaman.

Keberadaan QRIS Cross-Border sebagai sistem pembayaran digital turut memberi manfaat bagi masyarakat, baik di Indonesia maupun masyarakat di negara tetangga yang telah bekerja sama. Melalui QRIS Cross-Border tercipta konektivitas pembayaran yang cepat, tepat dan aman. Hal yang terpenting adanya peningkatan transaksi yang berdampak pada kemajuan ekonomi suatu negara.

Harapan kita ke depannya, QRIS Cross-Border semakin dikenal luas oleh dunia. Dapat kita bayangkan betapa mudahnya bepergian jika hanya bermodalkan aplikasi QRIS dalam genggaman. Berapa banyak waktu yang tersita hanya untuk menukar uang ke money changer, belum lagi transaksi dengan uang cash yang menyita waktu seperti menunggu pengembalian, rasa was-was membawa uang tunai dalam bepergian hingga biaya admin transfer ke ATM atau sejenisnya. Dengan QRIS semua transaksi jadi mudah. QRIS Satu, Menangnya Banyak!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"JAMAL" Pemuda Penebar Harapan, Membawa Senyum di Pedesaan

dok: Jamaluddin You are different . Julukan yang layak bagi pria dengan nama sapaan Jamal. Pria kelahiran gowa, Sulawesi Selatan, tepatnya di desa Kanreapia, memiliki segudang mimpi dan harapan untuk mengubah peradaban di tanah kelahirannya. Niat dan panggilan jiwa mengetuk relung hati Jamal untuk menjadi bagian dari kemajuan tempat tinggalnya.   Jamal, pemuda yang lahir dan dibesarkan di lingkungan petani. Ayah ibunya berprofesi sebagai petani sayur. Latar belakang keluarga sebagai petani, menjadi dorongan utama bagi Jamal dalam memantapkan niatnya untuk berkontribusi pada kampung halamannya. Meski seorang anak petani, ia tetap memperjuangkan mimpinya untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Tak hanya menamatkan pendidikan sarjananya, Jamal mampu membungkam cibiran orang-orang, bahwa meski anak petani, ia mampu bersuara di podium pascasarjana.   Berbekal pengetahuan di bangku kuliah, jamal berambisi mengubah paradigma masyarakat tentang gelar sarjana. Di saat para lulusan sarjan

David Hidayat “Pejuang Kemanusiaan”: Bersahabat dengan Lingkungan, Peduli Masyarakat Pinggiran

  David Hidayat “Pejuang Kemanusiaan”: Bersahabat dengan Lingkungan, Peduli Masyarakat Pinggiran Oleh: Akbar Tanjung, S.M. “Barangkali di sana ada jawabnya, mengapa di tanahku terjadi bencana. Mungkin alam mulai enggan bersahabat dengan kita, coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang” . Lirik lagu Ebiet G Ade dengan judul ‘Berita Kepada Kawan’ memberi pesan bermakna pada manusia. Sebuah lagu dengan syair yang begitu tajam sebagai pengingat tentang alam. Alam tidak hanya membawa berkah tapi juga bencana. Bukan semata ujian sang pencipta, tapi terkadang alam murka dengan ulah manusia. Tak ingin melihat alam rusak dan terabaikan, pria pesisir punya cara tersendiri menyikapinya. David sapaan akrabnya. Pria kelahiran kabupaten pesisir selatan, memiliki kecintaan dan kepedulian lebih terhadap lingkungan. Hatinya tergerak membawa perubahan di tanah kelahirannya. Sebagai lulusan sarjana dengan latar belakang pendidikan ilmu kelautan, tentu bukan hal baru bagi David mengambil peran dal

Papa Nggak Usah Nyetir, Itu Berat Biar Aku Saja! Papa: Jangan Khawatir, Berkat Spooring dan Balancing Kini Jadi Ringan!

sumber: pikiranrakyat.com Mudik sudah menjadi salah satu tradisi di penghujung Ramadan. Berkumpul bersama keluarga hingga menikmati suasana kampung merupakan kenikmatan tersendiri dalam mengobati kerinduan. Di pertengahan Ramadan ini, sudah perlu merencanakan dan mempersiapkan segala kebutuhan mudik. Baju lebaran, makanan, ole-ole, angpao hingga kendaraan merupakan beberapa kebutuhan penting dalam menunjang kelancaran mudik. Tahukan Anda, jika kendaraan satu diantara kebutuhan yang penting dalam bermudik. Bagi Anda yang memiliki kendaraan khususnya roda empat tentu tidak perlu khawatir lagi, apapun merk mobil Anda liburan pasti jadi! Papa, Kok Berat Sih! Beberapa waktu lalu si Andi sering mengalami keluhan ketika mengendarai mobil milik ayahnya. Setir mobil nya agak berat ke kiri, setir mobil suka bergetar pada kecepatan tertentu, mobil kadangkala berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus ke depan. Keluhan lainnya, mobil yang dikendarai seperti berjalan mirin