20 Mei 2014 merupakan momentum yang
sangat bersejarah sepanjang hidup saya. Kegembiraan tak dapat lagi terungkap
dengan kata-kata, seakan hanya senyum yang tergambar indah diraut wajah.
Mengapa tidak, pasalnya hari itu adalah hari di mana orang-orang ‘besar’ mulai
dari pimpinan perusahaan, pejabat, akademisi, hingga kalangan pelajar berkumpul
dalam satu Auditorium yang begitu besar, mewah, dan menakjubkan. Sorakan dan
teriakan begitu nyaring terdengar ditambah dengan meriahnya tepuk tangan para
undangan, seketika itu juga tepat pukul 10.00 WITA Master of Ceremony mengumumkan satu nama sebagai pemenang. “THE
WINNER of Young Creator Indonesia, South Sulawesi 2014, giving to, Congratulation for
AKBAR TANJUNG, Mahasiswa STIM NITRO Makassar”. Lagi dan lagi saya hanya bisa
menampakkan senyum, rasa haru bercampur bahagia ketika ribuan bola mata
mengalihkan pandangannya.
Young
Creator merupakan ajang pencarian creator muda bagi mahasiswa Indonesia yang memiliki segudang ide
untuk mengatasi segala permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Ajang
bergengsi ini diselenggarakan oleh Campus Marketeers Club di bawah naungan
Markplus.Inc. Markplus sendiri diprakarsai oleh Bapak Hermawan Kartajaya, yang
juga merupakan Bapak Marketing Indonesia. Campus Marketeers Club atau biasa
disingkat CMC adalah komunitas bagi para mahasiswa S1 (Strata 1) di seluruh
Indonesia. Hampir tiap bulannya CMC mengadakan berbagai event dan kompetisi nasional yang melibatkan para mahasiswa, mulai
dari kompetisi marketing, bisnis, case
study, hingga ide inovasi dan tentunya kompetisi yang CMC adakan sangat
berbobot. Tak heran jika para mahasiswa berlomba-lomba untuk update seputar CMC. Anggota CMC telah
menyebar di 17 kota besar di Indonesia, salah satunya kota Makassar.
Saya merupakan satu dari sekian
banyak mahasiswa yang bergabung di CMC. Salah satu prasyarat yang harus saya
penuhi untuk bergabung di CMC adalah memiliki rekening BNI Taplus Muda. Atas
dasar ingin mengikuti kompetisi Business
Plan Nasional tahun 2013, akhirnya saya membuka rekening BNI Taplus Muda,
karena rekening yang saya miliki saat itu BNI Taplus. Sayapun mengajak keempat rekan
kampus untuk bergabung dalam satu tim dan membuka rekening yang sama, BNI
Taplus Muda. Alhasil, tim kami berhasil melaju hingga babak 20 besar secara
nasional, meskipun kami gagal di putaran final.
Tidak hanya Business Plan, saya juga pernah mengikuti Marketing Plan dan Case
Competition yang diadakan CMC untuk para pengguna BNI Taplus Muda. Pada
ajang Marketing Plan BNI, kampus Stim
Nitro Makassar yang diwakili oleh saya sendiri berhasil masuk Top 5, meskipun
harus gagal lagi meraih juara 1. Sedangkan di Case Competition saya berhasil masuk ke putaran final dan keluar
sebagai pemenang kedua. 3 ajang bergengsi yang diselenggarakan CMC rupanya
belum mempertemukan saya dengan gelar sebagai pemenang pertama. Perjuangan saya
pun tidak berhenti, saya terus update
di CMC untuk cari tahu liputan terbaru. Akhirnya, pada April 2014, CMC kembali
membuka ajang yang sangat bergengsi yaitu Idea
Contest bagi Creator Muda
Indonesia yang akan dianugerahkan pada Indonesia Marketing Festival 2014 yang
berlangsung di Hotel Clarion Makassar. Pintu masuk dalam pendaftaran kompetisi
ini, lagi-lagi mensyaratkan memiliki rekening BNI Taplus Muda. Karena sudah
setahun jadi nasabah, prasyarat ini tentunya sudah terpenuhi. Pendaftaranpun
selesai hingga lolos tahap demi tahap sampai Final Presentation.
Pengumuman pemenang kompetisi Idea Contest atau Young Creator berlangsung meriah dengan dihadiri lebih dari 500
peserta yang berasal dari kalangan akademisi, pejabat daerah, pimpinan
perusahaan, hingga mahasiswa, yang pada saat itu juga bertepatan dengan
penganugerahan Indonesia Marketing Festival 2014. Melalui ide “Genggaman
Sederhana Solusi Cerdas Atasi Kemacetan Lalu Lintas, its yeah, its MobilePhone”
berhasil mengantarkan saya sebagai pemenang pertama, setelah menyisihkan
ratusan finalis dan mengalahkan 5 finalis lainnya di babak Final Presentation. Berkat kompetisi ini, saya bisa bertemu dan
bejabat tangan langsung dengan Bapak Marketing Indonesia. Penghargaan yang saya
peroleh diserahkan langsung oleh Bapak Hermawan Kartajaya dan Bapak Burhanuddin
Andi selaku Kapolda Sulsel. Suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri, lewat
BNI Taplus Muda saya bisa merasakan sesuatu yang berbeda, termasuk dikenal dan
dikenang oleh banyak orang yang salah satunya lewat kompetisi Young Creator. Ini merupakan satu
pengalaman yang sangat berkesan, bisa mendapatkan reward dan pengakuan dari orang-orang besar termasuk dari Bapak
Marketing Indonesia. Lebih menariknya lagi, lewat kemenangan ini, saya langsung
mendapatkan tawaran magang dan kerja dari beberapa corporate yang menyaksikan acara penganugerahan Indonesia Marketing
Festival.
Mendapatkan Penghargaan dari Bapak Marketing
Indonesia merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga karena tidak semua
orang bisa merasakannya. Prestasi ini juga tidak lepas dari kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) BNI
dibidang pendidikan yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk
berkontribusi melaui kompetisi-kompetisi yang diadakan CMC bersama BNI. Saya
pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada BNI. BNI Taplus Muda secara
tidak langsung telah membawa saya menjadi orang WOW! kata CMC. Tidak hanya ngebank atau menabung di BNI Taplus
Muda, tapi juga bisa ikut kompetisi selama duduk di bangku kuliah. BNI Taplus
Muda memberikan nilai plus bagi saya.
Sebagai rekomendasi tambahan bagi
teman-teman sekalian, khususnya mahasiswa strata 1 (S1), mari bergabung dengan
komunitas CMC (Campus Marketeers Club). Untuk bergabung, ada yang mensyaratkan
memiliki rekening BNI Taplus Muda, ada juga yang langsung daftar. Agar lebih
memudahkan langkah kalian, milikilah rekening BNI Taplus Muda, karena sebagian
besar kompetisi yang diadakan oleh CMC itu disponsori langsung oleh BNI dan untuk
ikut langsung maka harus memiliki rekening BNI Taplus Muda. Selain ikut
kompetisi, CMC juga secara rutin memberikan seminar kepada mahasiswa, dan
syarat untuk mengikuti seminar tersebut harus memiliki rekening BNI Taplus
Muda, agar mendapatkan tiket seminar secara gratis.
Harapan
kedepannya, semoga CMC bersama BNI terus mendorong generasi muda khususnya
mahasiswa untuk berkontribusi dengan ide-ide kreatifnya melalui kompetisi yang
secara rutin dilaksanakan. Kegiatan yang diadakan BNI bersama CMC juga sebagai
misi untuk meningkatkan budaya menabung di kalangan anak muda, khususnya
mahasiswa. Semoga di ulang tahun yang ke 69, BNI semakin sukses, tetap melayani
dengan sepenuh hati agar menjadi kebanggaan bangsa dan negeri.
Komentar
Posting Komentar